Minggu, 31 Maret 2013

Cuci Tangan, Biar Gak Diare!!





Mencuci tangan adalah sebuah nasehat yang sering kali dikatakan orang tua pada anaknya. Mencuci tangan sebelum makan, mencuci tangan dan kaki sebelum tidur, mencuci tangan sehabis bermain, dan berbagai aktifitas lain yang harus ditutup dengan cuci tangan.
Sepertinya kegiatan mencuci tangan Cuma sebuah hal yang remeh. Tapi jangan salah, efek positif dari mencuci tangan ternyata sangat besar. Dengan menjaga kebersihan organ yang satu ini, penyebaran dan perkembangan bakteri/kuman yang berbahaya bisa dihentikan. Termasuk diantaranya adalah penyakit menular semacam diare, flu, dan juga infeksi saluran pernafasan.
Sebuah penelitian menegaskan hal tersebut dengan sebuah hasil bahwa Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) menurunkan resiko infeksi penyakit menular semacam diare sampai 50% *woowww. Bahkan infeksi saluran pernafasan turun sampai 45% *tepuktangan. Bakteri penyebab diare seperti ecoli dan staphylococcus biasanya masuk dalam tubuh melalui media makanan dan minuman. Dengan mencuci tangan usai beraktifitas dan sebelum makan, maka kemungkinan bakteri tersebut menginfeksi manusia makin kecil.
Cara mencuci tangan yang benar adalah menggunakan sabun. Gak Cuma telapak tangan yang dibasuh sabun, tapi punggung tangan, sela-sela jari, dan juga sela-sela tangan. Karna kuman ternyata 60% berada di sela-sela jari, dan 40% di punggung tangan.
Jadi, jangan lupa cuci tangan sebelum makan, ya! Biar gak kena diare.
Cr : 2bek/berbagaisumber/foto: Google
Via : Tabloid Gaul

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

hanya menerima Kritik dan Saran yang membangun