Sabtu, 08 Februari 2014

MAKAN BUAH ADA ATURANNYA!!


Kalo kita ngambil buah dari kantong plastik atau bahan pembungkus lainnya, biasanya buah kita cuci dulu dan setelah itu baru dimakan. Ternyata makan buah juga ada cara yang lebih bener dan aman nih. Sebagai makanan kaya serat dan berbagai macam vitamin, masih nggak banyak orang yang tau nih cara mengkonsumsi buah yang baik dan benar. Padahal ini penting banget buat mengoptimalkan asupan nutrisi yang didapat.

            Pertama, sebaiknya makan buah itu minimalnya 10 porsi, 10 jenis dan 10 warna perhari. Agak susah sih, tapi sebagai pemula dimulai dengan 3 porsi, 3 jenis, dan 3 warna aja perharinya. Tujuannya agar tidak bergantung pada jenis dan besar buah. Buah seperti anggur dan stroberi, 1 porsinya sama dengan 5 buah. Buah ukuran sedang seperti apel, jeruk, pir dan pisang, 1 porsiya sama dengan 1 buah. Sementara ukuran besarnya adalah semangka dan melon. Dimana 1 porsinya adalah 1 slice dengan potongan sedang.
            Kedua, cara mencucinya nih. Mencuci buah yang benar seharusnya memakai air hangat. Kalau buahnya dilapisi lilin, maka buah harus dicuci dengan air hangat, lalu kerik lapisan lilin dengan pisau, cuci lagi dan keringkan. Makannya? Bagi orang normal, makan buah sebaiknya langsung dikunyah aja. Kalo yang kesulitan sebaiknya diblender tanpa menambahkannya dengan gula. Ngeblender sama ngejuice beda loh!!
            Kalo diblender semuanya masuk, sementara kalo di-juice cuma sari buah tanpa serat dan ampas buah. Soalnya, buah yang dimakan dengan kulit tipis atau biji kecil seperti anggur dan apel kaya akan antioksidan dan vitamin E. jadi kalo bisa buah pir, apel dan anggur dimakan aja semuanya.
            Dan yang terakhir nih, makan buahnya. Buat yang pencernaannya gak bermasalah, makan buah bisa kapan aja. Tapi sebaiknya sebelum atau sesudah makan. Sementara orang yang bermasalah sama lambung, misalkan radang lambung atau maag, sebaiknya makan buahnya pas kelar makan aja. Kalo yang lagi nurunin berat badan, kalo bisa makan buahnya sebelum makan, biar perut cepet kenyang dan makan terkontrol. Simple kan??? Jadi, nggak ada salahnya dicoba. Biar body makin sehat dan berkualitas!

Source : detikhealth.com/Foto: Google
Via : Tab_Gaul

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

hanya menerima Kritik dan Saran yang membangun