Senin, 25 Maret 2013

Kesehatan (Bisa) Dilihat dari Lidahnya!


Lidah memang sangat bermanfaatkan buat merasakan lezatnya makanan, ngobrol, bahkan buat melihat kondisi kesehatan seseorang. Ya, baik atau buruknya kesehatan seseorang bisa dilihat dari kondisi lidahnya. Udah sering kan ngeliat dokter mengamati keadaan lidah pasiennya? Itu karena ukuran, warna, dan tekstur alat pengecap itu memang bisa menunjukan kondisi pasien. Pengobatan tradisional Cina dan India juga sering menggungakan lidah buat mendiagnosa pasiennya.
            Dr. Krishnakant Dhebri, seorang dokter umum berkata kalo sebuah luka di lidah bisa menandakan kalo tubuh sedang kekurangan vitamin. Penyakit sianosis (kondisi paru-paru tidak mendapat cukup oksigen) juga bisa dilihat dari lidah. Gejala awal campak juga terlihat karena mereka muncul terlebih dahulu di lidah sebelum di kulit tubuh.
            Dilansir oleh Timesofinda, berikut ini beberapa keadaan lidah yang perlu diperhatikan untuk mendeteksi penyakit:
   Warna
Tubuh yang sehat biasannya dilihat dari warna lidah yang merah muda cerah. Kalo keliatan warna gelap dilidaah, biasanya terjadi inflamasi di bagian tubuh. Pada kasus ekstrim, bisa melambangkan adanya kanker. Kalo keliatan lapisan putih tebal di lidah, bisa disebabkan karena oversekresi empedu di hati dan kandung empedu. Kalo lidah berwarna ungu atau biru, maka segeralah mencari pertolongan dokter karena itu tandanya ada konsumsi berlebih gula dan makanan olahan.
   Permukaan
Lidah yang botak tanpa tekstur pertanda kekurangan zat besi atau animea. Lidah berbintik besar berarti kamu rentan alergi. Lidah kering tanda bahwa kamu sedang stres.
   Bentuk
Lidah yang besar dan lebar kalo diulurkan bisa menjadi gejala kondisi medis down syndrome atau kretinisme.
Cr : 2bek/berbagaisumber/foto: Google
Via : Tabloid Gaul
Gimana?? Udah di cek keadaan lidah temen-temen semua? Pada sehat semua kan??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

hanya menerima Kritik dan Saran yang membangun