Sabtu, 23 Maret 2013

Donor Darah untuk Kesehatan



Seseorang yang melakukan donor darah umumya berniat untuk kemanusiaan. Tapi gak banyak yang tau kalo manfaat donor darah ternyata gak Cuma bisa menyelamatkan nyawa orang lain saja. Faktanya, donor darah juga membawa manfaat kesehatan buat si pendonor itu sendiri, juga memberi ketenangan mental untuknya. Ingat, memberi adalah sumber kebahagiaan dan ketenangan jiwa. Idealnya buat cewek 4 bulan sekali melakukan donor darah, sedangkan buat cowok 3 bulan sekali. Tapi semua tergantung pada keadaan kesehatan kita. Berikut manfaat mendonorkan darah:

    Menyeimbangkan kadar besi
Menurut sebuah penelitian, banyak orang yang memiliki kadar zat besi yang berlebih karena konsumsi makanan mereka. Jadi, buat menyeimbangkannya perlu sesekali melakukan donot darah. Kadar zat besi yang tinggi dalam darah gak baik buat kesehatan jangtung. Buat wanita usia subur, mereka menyeimbangkan kadar zat besi dalam tubuh mereka diwaktu menstruasi.

    Pengecekan kesehatan
Biasanya, sebelum melakukan donor darah pasti dilakukan tes kesehatan terlebih dahulu. Apakah menderita penyakit tertentu yang bisa ditularkan melalui darah atau tidak. Nah, saat itulah kita jadi lebih tau kondisi kesehatan kita.

   Mengurangi resiko kanker
Dengan rendahnya atau berkurangnya kadar zat besi dalam tubuh, maka resiko terkena kanker juga berkurang. Diantaranya adalah kanker usus besar, paru-paru, hati dan tenggorokan.

    Jauh dari tekanan darah tinggi
Sewaktu mendonorkan darah, maka volume darah menjadi seimbang. Ini baik buat menghindarkan kita dari penyakit darah tinggi.

   Mengurangi kolesterol
Sel darah mengandung kolesterol, baik kolesterol jahat atau baik. Dengan menyumbangkan darah, maka jumlah kolesterol otomatis berkurang.

Cr : 2bek/berbagaisumber/foto : google
Via : Tabloid gaul

Nah, udah pada taukan manfaat dari donor darah itu apa. Jadi yang sehat dan memenuhi syarat yukk donor darah selain bisa nolong orang lain juga ngebuat tubuh kita sehat kan??? ^^
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

hanya menerima Kritik dan Saran yang membangun