Minggu, 31 Maret 2013

Pentingnya Kesehatan GINJAL!!





Banyak orang yang peduli sama kesehatan jantung, tapi suka lupa untuk menjaga kesehatan ginjal mereka. Misalnya, mereka banyak mengkonsumsi minuman dengan bahan pengawet, obat-obatan kimia, dan kebiasaan makan yang gak sehat lainya.
Padahal fungsi ginjal juga gak bisa dipandang remeh buat tubuh manusia, ia adalah filter yang bertugas menyaring racun dan membuang hal yang gak berguna dari dalam tubuh. Ginjal memegang peran penting dalam sistem metabolisme manusia. Ginjal yang sakit biasanya akan merembet dan membawa komplikasi untuk penyakit kardiavaskuler, diabetes dan pengeroposan tulang.
Faktanya, ginjal yang sakit umumnya baru terdeteksi dan dirasakan efeknya pada tubuh penderita saat kondisinya itu sudah parah, atau stadium 4 dan 5. Pada stadium awal penderita jarang menyadari kalo ginjal mereka sedang bermasalah. Padahal pengobatan untuk penyakit ginjal biasanya memakan biaya yang gak sedikit. Apalagi kalau kasusnya itu adalah gagal ginjal. Dimana penderitanya harus melakukan cuci darah terus menerus selama sisa hidup mereka.
Dikatakan oleh Dharmeizar, Ketua Perhimpunan Nefrologi Indonesia, bahwa penyakit ginjal dibagi menjadi 2 tipe. Dikutip dari Metrotvnews, penjelasannya adalah “penyakit ginjal yang bisa disembuhkan misalnya batu ginjal, kalo faktor pencetusnya sudah dihilangkan maka fungsi ginjal akan normal kembali. Sedangkan penyakit ginjal yang gak bisa di sembuhkan seperti penyakit ginjal kronis, fungsi ginjal sudah gak bisa normal lagi,” ujar Dharmeizer.
Karena itu, menjaga kesehatan ginjal gak bisa diremehin urgensinya. Kamu bisa memulai dengan gaya hidup sehat, menjauhi makanan dan minuman yang banyak mengandung pengawet, serta minum air putih dengan jumlah yang cukup.

Cr : 2bek/berbagaisumber/foto: Google
Via : Tabloid Gaul

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

hanya menerima Kritik dan Saran yang membangun