Minggu, 23 Juni 2013

Bahaya! Kebiasaan ‘cetek-cetek’ Jari Tangan



Banyak orang yang berpendapat bahwa kebiasaan ‘cetek-cetek’ sendai jari, leher, kaki dan pinggang bisa menghilangkan pegal-pegal atau capek. Jari-jari tangan jadi sasaran kebiasaan yang kurang biak, tapi gak sedikit orang yang sering meregangkan ketegangan otot dengan menggoyangkan pinggang atau memutarkan leher.

Apa sih sebenernya yang menyebabkan bunyi kretek-kretek? Tulang-tulang pada sendi yang bergerak diselimuti pelumas bening dan tebal yang disebut dengan cairan Synovial yang bertugas untuk melumasi sendi supaya bisa bergerak bebas. Cairan ini mengandung gas Karbondioksida (CO2). Andai tidak ada cairan ini, dijamin kalo kita sedang jalan, pasti tulang kita akan berbunyi ‘krieeett’ seperti suara pintu di film-film horor.
Sewaktu kita mematahkan buku-buku jari kita, sebenarnya kita mendorong sendi keluar dari posisi normalnya dan mengembalikan lagi ke posisi awal. Saat sendi berubah posisi sedemikian rupa, volume ruang pada sendi juga bertambah. Karena meningkatnya volume ruang inilah tekanan di dalamnya juga menurun, begitu juga dengan tekanan cairan Synoval. Saat tekanan cairan Synoval turun, gelembung CO2 di dalamnya meningkat derastis sampai pada puncaknya akan meletup. Setelah itu sekitar 25 sampai 30 menit dibutuhkan untuk kembalinya CO2 ke dalam cairan tersebut, selama proses pengembalian tersebut sendi tidak bisa untuk di ‘cetek-cetek’ lagi.
Di lain hal, sendi-sendi bisa bergerak luwes setelah di ‘cetek-cetek’ karena organ Golgi Tendon –sekumpulan saraf ujung yang mengatur indra gerak manusia– akan berstimulasi dan otot-otot di sekitarnya mengendur, inilah alasan yang sering membuat kitaketagihan ‘cetek-cetek’. Menurut Anatomy and Physology Instruttors Cooperative, kebiasaan ini menunjukan kerusakan lainnya, termasuk kerusakan jaringan lembut pada pembungkus cairan sendi dan menyebabkan menurunnya kekuatan genggaman. Hal ini bisa mempengaruhi aktivitas yang mengandalkan jari tangan. Mulai sekarang kurangi kebiasaan ‘cetek-cetek’ jari tangan ya Guysss^^.
Cr : 2bek/berbagaisumber/foto:Google
Via : Tab.Gaul

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

hanya menerima Kritik dan Saran yang membangun