Sabtu, 08 Februari 2014

NYAMUK LEBIH SUKA ORANG GEMUK!


Kamu punya tubuh gemuk? Hmm, berarti kamu bakal lebih sering diserbu nyamuk. Ini menurut sebuah hasil penelitian di Amerika Seerikat, lho. Selama ini nyamuk diduga lebih menyukai darah manusia yang berjenis kelamin perempuan daripada laki-laki karna dianggap lebih manis.

            Anggapan itu ternyata berbeda dengan laporan badan penelitian Annals of Internal Medicine yang dipublikasikan di harian the New York Times. Menurut mereka, nyamuk sebenarnya lebih tertarik pada manusia yang berukuran tubuh besar alias gemuk. “Penyebabnya mungkin karena tubuh yang besar biasanya memancarkan panas atau karbon dioksida yang lebih besar. Jadi hal itu lebih menarik perhatian nyamuk,” sebut penelitian tersebut.
            Sebelum samapi pada kesimpulan itu, tim peneliti menbandingkan tubuh perempuan hamil dengan yang tidak. Hasilnya, perempuan yang hamil dua kali lebih menarik bagi nyamuk. Analisisnya, perempuan hamil mengeluarkan karbon dioksida yang lebih banyak dan suhu tubuhnya lebih tinggi. Ini yang bikin perempuan hamil lebih mudah terdeteksi oleh nyamuk.
            Seperti karbon dioksida, asam laktat juga merupakan daya tarik kuat bagi nyamuk. “Makannya nyamuk lebih sering menyerang sewaktu kita lagi berada diluar ruangan dan berkeringat. Saking kuatnya, nyamuk bisa mendeteksi karbon dioksida dan asam laktat dari jarak sekitar 30 meter,” kata Clifford W Bassett dari Allergy and Asthma Care of New York, AS.

Suorce : Kompas.com/Foto: Google
Via : Tab_Gaul

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

hanya menerima Kritik dan Saran yang membangun