Kamis, 04 April 2013

5 Bahan Makanan dengan Lemak Sehat




Gak semua yang mengandung lemak itu merugikan. Dilansir dari MindBodyGreen, ada beberapa makanan yang lemaknya justru sangat baik buat meningkatkan kesehatan tubuh:
1.   Kacang-kacangan
Kacang sangat baik dimasukkan sebagai makanan sehat. Lemaknya sehat dan kaya protein. Kacang menjadi sumber asam alpha lenolenic dan omega-3 yang baik buat jantung. Omega-3 juga bisa menurunkan kadar kolesterol jahat. Kacang punya L-arginine, sebuah asam amino buat meningkatkan kekebalan tubuh, mempercepat penyembuhan luka, meningkatkan fungsi pembuluh darah, dan mencegah penyakit kardiovaskuler. Kacang juga diketahui punya serat sehat dan vitamin E. Kamu bisa memilih berbagai jenis kacang yang kamu suka.
2.   Minyak Zaitun
Minyak ini sangat sehat dan berperan dalam menurunkan kolesterol jahat. Jenisnya adalah lemak tak jenuh tunggal. Zaitun kaya antioksidan, karotenoid, dan vitamin E. Manfaat lainnya adalah mencegah kanker, mengatur kadar gula, mengurangi keparahan asma, dan mengatasi radang sendi. Kamu bisa memakainya untuk menumis, memanggang, memasukkan ke salad, atau meminumnya langsung. Usahakan mendapatkan zaitun yang ekstrak virgin oil.
3.   Alpukat
Lemak yang dimiliki alpukat gak berbahaya. Bahkan alpukat menjadi sumber glutathione yang membantu peningkatan kekebalan tubuh dan memerangi radikal bebas. Zat folatnya menurunkan resiko jantung dan stroke.
4.     Minyak kelapa
Kandungan lemak pada minyak kelapa baik untuk menyehatkan sistem kardiovaskuler dan mengatasi gula darah. Minyak ini juga baik untuk kesehatan ginjal, hati dan mendukung sistem kekebalan tubuh. Asam lemak jenuh pada minyak kelapa berbeda dari jenis yang muncul dari hewani. Tipe minyak ini trigliserida rantai menengah, yang mudah dimetabolisme dan berubah menjadi energi. Minyak kelapa bisa meningkatkan kolesterol baik (HDL).
5.   Biji-bijian
Biji bunga matahari, biji labu, biji rami, dan biji lainnya kaya dengan omega-3. Lemak ini sangat sehat. Protein pada biji-bijian juga tinggi. Selain asam lemak omega-3, biji-bijian juga mengandung antioksidan, serat, magnesium, fosfor, mangan, tembaga, besi dan seng.
Cr : 2bek/berbagaisumber/foto: Google
Via : Tabloid Gaul
Gimana infonya?? Semoga bermanfaat ^^
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

hanya menerima Kritik dan Saran yang membangun